Urban Legend Berbagai Daerah di Indonesia Part 4


Sumur Puteri, Lampung
untuk wilayah Lampung, ada tempat yang terkenal dgn nama sumur puteri. ditempat ini sering di jadikan tempat bertemunya gadis2 cantik dari alam lain, yang turun pada saat ritual keramasan sebelum puasa.
ada juga siluman buaya putih yang berdiam di pusaran air yang ada di sisi sungai ini.

Situ Bagendit, Garut

situ bagendit adalah nama tempat wisata di daerah garut, konon menurut cerita tidak jarang terlihat lintah sebesar kasur di sungai situ bagendit yang merupakan jelmaan dari Nyi Endit yg dahulu kala pernah dikutuk disebabkan nyi Endit seorang kaya raya yg terkenal pelit dan rentenir.

Bukit Gombel
kabar adanya penampakan pocongkkkkkkkkkkk di hutan bukit gombel ini sudah terkenal mitos2 nya di masyarakat semarang , tidak jarang para saksi melihat penampakan tersebut dan konon ada sebagian orang yg berhasil memfotonya dimana sang pocongkkkkkkkkkkk melayang dari pohon ke pohon.

Gerbang Gendruwo, Desa Besowo, kec Jatirogo Tuban
di bawah pohon beringin besar ditengah pekuburan tua yang terletak di sebelah timur desa Besowo dipercaya menjadi pintu keluar masuk Gendruwo yg di perdagangkan.

menurut sebagian warga, gendruwo di daerah ini dapat dibeli dgn syarat2 tertentu. pengunjung biasanya diajak dukun setempat untuk pengambilan mahkluk setengah manusia setengah demit dengan cara mempersembahkan sesaji, membakar dupa dan bersemedi semalam suntuk.

penduduk stempat memanggil gendruwo tsb dgn nama "mbah Ireng".
konsumen yg membeli gendruwo ini di berikan 2 bungkusan, bungkusan yg pertama berisi gendruwo dan bungkusan yg kedua berisikan penangkal agar gendruwo tsb tidak dapat masuk kedalam rumah.

jika konsumen tidak memiliki penangkal dia bisa berubah wujud mirip si pemilik rumah dan meniduri istri orang tsb saat terlena. Di desa besowo ini juga ada sebuah hutan yg cukup angker di sebutnya hutan larangan dimana mengandung mitos "jalma mara jalma mati"(siapa yg berani datang akan tewas).

pernah ada cerita seorang mandor hutan masuk ke hutan larangan dan tidak pernah kembali dan di temukan sudah tewas begitu juga ternak2 penduduk yg kabur ke dalam hutan dan setelah ditemukan hewan tersebut juga sudah tewas.


Pantai Karanghawu
nama karanghawu berasal dari adanya gugusan batu karang yg menyerupai hawu atau tungku di lokasi itu.
batuan itu merupakan terumbu karang yang telah mati dan mengeras, konon batu yang menjorok ke laut itu merupakan singgasana ratu laut selatan Nyi Roro Kidul.

di atas bukit terdapat sebuah rumah yang dikenal sbg tempat persinggahan sang Ratu beserta para dayangnya.

pada sisi bukit yg menghadap ke laut lepas, terdapat sebuah batu karang yg menyerupai kursi. batu itu konon kerap di jadikan tempat bersemedi sejumlah tokoh nasional. "dulu ada yg memotret batu itu, ternyata di dalam foto itu, batu tersebut jadi perempuan cantik sedang bersimpuh" papar Ujang, pemandu wisata.

Parangtritis, Yogyakarta
pantai Parangtritis merupakan tempat wisata yang menempati peringkat teratas dalam angka kunjungan wisata di Yogyakarta, pantai yang landai dengan bukit berbatu. parangtritis juga merupakan salah satu tempat keramat yg masuk dalam daerah bantul.

sering terdengar kabar ada pengunjung yg hilang terseret gelombang.
keanehan terjadi manakala pengunjung yg nahas tsb hilang bagai di telan bumi dan bahkan pengunjung yg hanya bermain pasir di pinggiran pantai pun bisa terseret ombak sampai ke tengah laut. Tim SAR rata-rata baru bisa menemukan jenazah 2-3 hari kemudian setelah melakukan penyisiran.

Ikan Tapah, sungai batanghari Banjarmasin
ikan tapah adalah ikan raksasa yg panjangnya dapat mencapai 2,5-3 meter, konon ikan ini dapat menyabitkan ekornya yg dapat mengakibatkan perahu nelayan terbalik, di jambi juga gempar karena seorang pemancing mendapatkan seekor ikan tapah sebesar 42 kg di daerah aur duri dan sempat difoto dgn kamera hp.
Share on Google Plus

About Black Dragon

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();